Friday 1 June 2012

Ultrabook Pertama dengan Built-In 3G



TEMPO.CO Jakarta - Lenovo ThinkPad X1 sudah beredar dari sekitar setahun silam, jauh sebelum genre laptop ultrabook mewabah. Ketika itu, notebook yang mengusung ide tipis dan ringan ini seolah ingin menjawab tantangan Apple MacBook Air.
Sekarang, ketika gelombang ultrabook mulai membanjiri pasar, Lenovo kembali memperkenalkan generasi terbaru ThinkPad X1. Namanya ThinkPad X1 Carbon.
Perusahaan asal Cina ini sengaja menyematkan kata Carbon pada ultrabook tersebut lantaran lapisan bodinya memang terbuat dari serat karbon. Hingga saat ini, tercatat baru dua jenis laptop yang menggunakan serat karbon sebagai bahan pelapisnya.
Komputer jinjing lain yang juga memakai serat karbon adalah LuvBook X. Laptop ini diluncurkan pada akhir April lalu oleh Mouse Computer, sebuah perusahaan komputer asal Jepang.
"ThinkPad X1 Carbon dibuat dari bahan premium yang membuatnya sangat tipis dan ringan, tetapi juga tahan lama," kata Lu Yan, Senior Vice President Think Product Group, Lenovo, ketika merilis ThinkPad X1 Carbon di New York, Amerika Serikat, pada pertengahan Mei lalu.
Menurut Yan, ThinkPad X1 Carbon menyasar segmen profesional yang menginginkan notebook dengan tingkat kinerja tertinggi, tetapi juga bisa menjalankan fungsi hiburan dan mobilitas serta memiliki desain menawan.
Laptop yang disepuh warna hitam ini rencananya bakal dilempar ke pasar pada Juni-Agustus tahun ini dengan harga di atas US$ 1.000.
DESAIN
Seperti dikatakan Yan, bahan serat karbon membuat Lenovo ThinkPad X1 Carbon begitu tipis dan ringan untuk ukuran laptop dengan layar selebar 14 inci.
Tebalnya hanya 18,8 milimeter dengan berat 1,35 kilogram. Bentuk ini lebih tipis dan ringan ketimbang edisi sebelumnya. Di bagian bawah, Lenovo membuat kemiringan yang tajam sehingga tampak lancip.
KEYBOARD
Sama seperti pendahulunya, notebook hasil evolusi dari ThinkPad X1 ini masih mempertahankan papan ketik backlit model chiclet.
Untuk melakukan navigasi, ada dua cara yang bisa dijalankan, yakni melalui track point, yang menyembul di antara tuts huruf G, H, V, dan B, dan papan trackpad.
Desain papan sentuhnya juga dibikin unik. Lenovo membuatnya seperti tetikus sehingga perintah klik bisa dilakukan di bagian atas, bukan di bawah seperti trackpad pada laptop kebanyakan.
Di antara klik kanan-kiri trackpad terdapat alat pemindai sidik jari guna menambah fitur keamanan.
KINERJA
Sebagai genre ultrabook, tentu di dalam Lenovo ThinkPad X1 Carbon bersemayam central processing unit Intel generasi ketiga Ivy Bridge. Sayangnya, belum jelas model cip apa yang digunakan, apakah Core i3, i5, atau i7.
Sementara itu, untuk tipe hard disk, notebook ini diperkirakan memakai solid state drive (SSD) dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 atau 256 gigabita.
Lenovo membenamkan teknologi Rapid Charge supaya daya baterai pada laptop ini bisa terisi sampai 80 persen hanya dalam tempo 30 menit.
KONEKTIVITAS
Satu hal yang belum ada pada semua model ultrabook saat ini adalah kemampuan untuk terhubung ke Internet, yakni bukan hanya melalui modem, LAN, tapi juga Wi-Fi.
Pada ThinkPad X1 Carbon, Lenovo menyediakan koneksi ke jaringan mobile broadband secara langsung alias built-in 3G. Hanya, belum jelas di bagian mana kartu subscriber identity module (SIM) bisa disisipkan.
LAYAR
Jika kebanyakan ultrabook sudah menggunakan layar berteknologi In-Plane Switching (IPS), yang dianggap lebih jernih dan tajam, laptop Lenovo ini masih memakai jenis layar liquid crystal display dengan light emiting diode-backlit.
Resolusi pada layar selebar 14 inci ini sebesar 1.600x900 piksel dengan tingkat kecerahan 300 nits.
CNET | PC MAG | ULTRABOOKNEWS | RINI KUSTIANI
SPESIFIKASI
Prosesor: Intel Ivy Bridge Core 3rd Generation
Kartu grafis: Intel HD 4000
Total RAM: 4 GB
Sistem operasi: Windows 7
Luas layar: 14 inci (1.600x900 piksel)
Jenis layar: LCD LED-Backlit
Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth, dan 3G option
Port: DC-in, jack microphone/headphone 3.5mm, Mini Displayport, SDHC Card Slot, USB 2.0, 1 x USB 3.0
Tebal: 18,8 mm
Berat: 1,35 kg
Ketersediaan: Juni-Agustus 2012
Harga: Di atas US$ 1.000

No comments:

Post a Comment